Senin, 05 Mei 2008

TRICHOMONIASIS

Apakah Trichomoniasis?
Trichomoniasis adalah Penyakit Menular Seksual (PMS) yang umum, terdapat pada pria maupun wanita, meskipun gejala (keluhannya) lebih sering timbul pada wanita.

Seberapa sering orang terinfeksi Trichomoniasis?
Merupakan salah satu Penyakit Menular Seksual yang terbanyak, dapat disembuhkan, sering pada wanita muda yang seksual aktif. Diperkirakan 7.4 juta kasus baru ditemukan setiap tahunnya pada pria dan wanita.

Bagaimana seseorang terinfeksi Trichomoniasis?
Trichomoniasis disebabkan oleh parasit bersel satu,yaitu Trichomonas Vaginalis. Pada wanita, area yang sering terinfeksi oleh parasit ini adalah area vagina, sedangkan pada pria adalah sekitar urethra (saluran kencing).
Parasit ini ditularkan melalui hubungan seksual dengan pasangan seksual yang terinfeksi.

Apa saja tanda dan gejala yang timbul pada orang yang terinfeksi Trichomoniasis?
Sebagian besar pria yang terinfeksi Trichomoniasis tidak memberikan tanda ataupun gejala. Biasanya dapat timbul keluhan seperti iritasi di dalam penis, mild discharge, rasa perih seperti terbakar (slight burning sensation) setelah buang air kecil atau setelah ejakulasi.
Sebgian besar wanita menimbulkan gejala keputihan yang berwarna kuning-kehijauan, dan berbau. Infeksi ini juga menyebabkan rasa ti dak nyaman saat berhubungan dan juga saat buang air kecil. Selain itu rasa gatal dan iritasi di sekitar organ intim juga sering dikeluhkan. Pada beberapa kasus, dapat timbul keluhan nyeri perut bagian bawah. Gejala dan keluhan ini biasanya timbul setelah 5 hingga 28 hari setelah terpapar.

Apa saja komplikasi yang dapat disebabkan dari Trichomoniasis?
Wanita yang terinfeksi Trichomoniasis lebih rentan terinfeksi oleh HIV saat wanita tersebut terpapar virus tersebut.

Bagaimana Trichomoniasis mempengaruhi ibu hamil dan bayinya?
Wanita hamil yang terinfeksi Trichomoniasis dapat memiliki bayi yang lahir premature atau bayi dengan berat badan lahir yang rendah.

Bagaimana Trichomoniasis dapat didiagnosa?
Perlu dilakukan tanya-jawab (anamnesa) yang lengkap, dan juga dilakukan pemeriksaan fisik dan juga laboratoris oleh seorang tenaga medis. Parasit ini lebih susah dideteksi pada pria. Pada wanita, dapat dilakukan pemeriksaan dalam menggunakan spekulum (ditemukannya dinding vagina/cervix yang teriritasi, kemerahan ) dan pemeriksaan Pap-Smear (ditemukannya Trichomonas vaginalis pada hapusan slide mikroskop).

Apakah terapi yang tepat untuk Trichomoniasis?
Dokter akan memberikan resep untuk menyembuhkan infeksi Trichomoniasis ini. Umumnya obat-obat yang diberikan adalah dari golongan Metronidazole. Untuk kesembuhan yang optimal, suami-istri harus mendapatkan pengobatan berbarengan. Seseorang yang terinfeksi Trichomoniasis harus menyelesaikan pengobatan dan selama menjalani pengobatan ia harus menghindari melakukan hubungan seksual.

Bagaimana cara mencegah dari terinfeksi Trichomoniasis?
Dianjurkan untuk setia pada satu pasangan yang tidak terinfeksi Trichomoniasis.
Kondom (latex-condom) pria, dapat mengurangi angka angka terjangkitnya penyakit ini bila dipergunakan dengan tepat dan konsisten.

dr. Listya Dyah R.

Tidak ada komentar: