Jumat, 09 Mei 2008

MASTALGIA (Nyeri pada Payudara)

Mastalgia adalah nyeri pada payudara yang secara umum dibagi menjadi dua:
- mastalgia siklik ( yang berhubungan dengan siklus menstruasi)
- dan nonsiklik.
Nyeri nonsiklik pada payudara bisa berasal dari payudara itu sendiri atau dari tempat lain seperti dari otot dan sendi terdekat tetapi nyeri dirasakan di payudara.
Intensitas nyeri bisa bermacam-macam mulai rasa tidak nyaman yang ringan sampai nyeri tak tertahankan yang berat pada beberapa kasus.
Banyak wanita dengan mastalgia khawatir dengan ancaman kanker daripada dengan rasa nyeri itu sendiri.

Apakah mastalgia ( nyeri payudara) siklik itu?
Mastalgia siklik adalah kasus yang paling sering terjadi. Nyeri adalah yang berhubungan dengan siklus menstruasi dan hampir selalu karena pengaruh hormonal.
Beberapa wanita mulai merasa nyeri saat masa ovulasi yang terus berlanjut sampai awal siklus menstruasi. Nyeri dirasakan dari ringan sampai berat sampai tidak bisa memakai pakaian ketat atau tidak bisa ditoleransi dengan berbagai macam kontak.
Nyeri bisa pada satu payudara atau bisa menjalar sampai daerah dibawah lengan.
Penelitian menyebutkan wanita dengan mastalgia nonsiklik mengalami penurunan ratio progesterone dan estrogen pada pertengahan siklus menstruasi.
Penelitian lain menemukan ketidaknormalan pada hormon prolaktin bisa menyebabkan mastalgia. Hormon dapat juga mempungaruhi mastalgia siklik hasil dari stress sehingga nyeri payudara bisa meningkat atau berubah sesuai pola perubahan hormon yang terjadi selama stress.

Perawatan spesifik akan ditentukan oleh dokter Tim Bidadari Pusat Deteksi Dini Kanker Prof. Roem Soedoko berdasarkan :
1. umur, status kesehatan dan riwayat kesehatan
2. Kelanjutan nyeri
3. toleransi pada pengobatan spesifik

Bidadari Pusat Deteksi Dini Kanker Prof. Roem Soedoko menyarankan :
- hindari kafein, stress
- konsumsi vitamin E
- evening primrose oil ( yang terbuat dari trigliserid natural)
- makan rendah lemak
Beberapa kasus dibutuhkan suplemen hormon dan anti hormone yang mempunyai efek samping tertentu.

Apakah nyeri payudara non siklik itu?
Nyeri payudara nonsiklik jarang terjadi, nyeri terjadi tidak berhubungan dengan siklus menstruasi, biasanya nyeri dirasakan terus menerus dan disalah satu lokasi spesifik.
Salah satu penyebab mastalgia nonsiklik adalah trauma atau tekanan pada payudara.
Penyebab lainnya bisa nyeri dari persendian didaerah dada dan leher yang menjalar ke payudara.
Pengobatan mastalgia nonsiklik :
Menentukan pengobatan lebih sulit dibanding mastalgia siklik tidak hanya karena sulit menentukan dari mana penyebab nyeri tetapi juga karena tidak berhubungan dengan hormonal. Tergantung darimana asal nyeri bisa diberikan analgetika, NSAID, kompress.


Jika anda mengalami nyeri atau perasaan tidak nyaman dipayudara tentukan waktunya apakah berhubungan dengan menstruasi, tentukan lokasi dan sifat nyeri. Jika nyeri ringan dan berhubungan dengan siklus menstruasi Lakukan SARARI dan saran dari kami. Bila nyeri tidak berhubungan dengan siklus menstruasi atau nyeri yang berhubungan namun mengganggu segera temui Dokter Bidadari Pusat Deteksi Dini Kanker Prof. Roem Soedoko yang akan melakukan pemeriksaan fisik , menyarankan mammografi atau USG tergantung usia penderita, FNA B bila ada nodul yang teraba nyata dan memberikan pengobatan sesuai indikasi. Pada beberapa kasus diperlukan BIOPSI di lokasi nyeri sebagai diagnosa pasti. Jika ditemukan nyeri karena kista payudara akan dilakukan pengobatan sesuai ukuran dan jumlah kista. Bila perlu dilakukan aspirasi isi kista yang selanjutnya diperiksa sitologi di Pusat Deteksi Dini Kanker Prof. Roem Soedoko.

dr. Aldila Rosalina

Tidak ada komentar: