Senin, 24 Maret 2008

Siapa saja yang lebih rentan terkena kanker payudara?

Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kerentanan seorang wanita untuk terkena kanker payudara :

Usia : bertambahnya usia, menyebabkan bertambahnya risiko terkena kanker payudara.
Kanker payudara jarang terjadi pada masa sebelum menopause.


Riwayat menderita kanker payudara : bila seorang wanita telah menderita kanker payudara, maka risiko munculnya kanker pada payudara sisi yang lain akan meningkat.

Menarche (menstruasi pertama) : semakin muda usia seorang wanita saat mendapat menstruasi pertamanya, maka akan semakin tinggi risiko terkena kanker payudara. Setiap satu tahun keterlambatan menarche akan menurunkan risiko kanker payudara sebesar 20%.

Kehamilan pertama : semakin tua usia wanita tersebut saat melahirkan anak pertamanya, semakin tinggi pula risiko terkena kanker payudara. Wanita yang melahirkan pertama pada usia 30 tahun memiliki risiko 2-5 kali lebih tinggi dibanding dengan wanita yang melahirkan pertama kali pada usia sebelum 18-19 tahun. Kelahiran prematur nampaknya meningkatkan risiko kanker payudara.

Penggunaan hormon tambahan: seperti pada terapi sulih hormon dan kontrasepsi oral; terapi sulih hormon selama 10 hingga 20 tahun meningkatkan risiko terkenanya kanker payudara sebesar 1.5 hingga 2 kali, tetapi tidak demikian pada penggunaan kontrasepsi oral ataupun terapi sulih hormon dalam waktu singkat.

Riwayat keluarga : seorang wanita akan memiliki risiko terkena kanker payudara 1.5-3 kali lebih tinggi bila saudara sekandung atau ibunya menderita kanker payudara. Hal ini terkait dengan adanya mutasi genetik (perubahan gen) pada gen BRCA1 dan BRCA2.

Operasi pengangkatan indung telur (oophorectomy) sebelum usia 50 tahun akan menurunkan risiko kanker payudara

Wanita yang tidak pernah memiliki anak (nullipara) memiliki risiko menderita kanker payudara 1.4 kali lebih besar.

Wanita yang menopause setelah usia 55 tahun akan memiliki risiko terkena kanker payudara lebih tinggi.

Ras : Kanker payudara lebih sering dijumpai pada wanita Latin, Asia, Afrika dan Amerika.

Radiasi : Wanita yang menjalani terapi radiasi (misal pada penyakit Limfoma Hodgkin) akan memiliki risiko yang lebih tinggi.

Tidak ada komentar: